Acara Temu Lapang Tanam Perdana Padi Tahun 2018, Kabupaten Pesisir Barat .

Pesisir Barat koranlibasnews.com
Kabupaten Pesisir Barat merupakan Kabupaten baru seumur jagung,namun tidaklah menjadi suatu ukuran walaupun masih berusia beberapa tahun berpisah dengan kabupaten lampung barat.

Saat ini Alhamdulillah pemerintah Pesisir Barat dan masarakat seiring sejalan konstrasi berjuang untuk membangun dan mengejar ketinggalan perkembangan pembangunan dengan kabupaten kabupaten yang telah lama berkembang.

Bacaan Lainnya

Inilah sebagai contoh pemerintah kabupaten pesisir barat melalui Dinas pertanian kabupaten dengan melaksanakan berbagai program demi terwujud nya kesejahtraan masarakat
Petani dan kesetabilan pangan masarakat pesisir barat .

Berdasarkan peta statistik perekonomian pesisir barat adalah merupakan penghasil padi yang besar.

Tepat nya pada tanggal 26 November 2018, pemerintah kabupaten pesisir barat, Dinas pertanian melaksanakan Temu Lapang tanam perdana padi tahun 2018, yang dilaksanakan di salah satu pekon di pesisir barat, yaitu di Pekon Mon, kecamatan Ngambur .

Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Bupati pesisir barat, Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, SH. MH. Sekaligus membuka acara tersebut.

Sambutan Bapak Bupati ketika membuka acara tersebut,beliau sampaikan bahwa pemerintah kabupaten pesisir barat berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin kesediaan pangan dengan jalan meningkat kan produksi hasil pertanian terutama padi, hal tersebut dikernakan stabilitas nasional erat kaitan nya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masarakat.

Juga Bapak Bupati sampaikan bahwa program yang sangat di prioritaskan di kabupaten pesisir barat adalah program pertanian terutama petani sawah, mengingat penduduk kita setiap tahun meningkat,sedangkan lahan persawahan semakin sempit, yang disebabkan dengan adanya alih pungsi,lahan sawah beralih menjadi lahan pemukiman.

BACA JUGA  KEGIATAN SATGAS COVID-19 DI KEC.SEPUTIH SURABAYA

Menurut Bapak Bupati, potensi sumberdaya lahan pertanian dikabupaten pesisir barat ini cukup setrategis yaitu mencapai lebih kurang 224,681 ha, dimana luas lahan sawah 8,778 ha, sedangkan lahan kering,yang dapat dimampaatkan kan untuk pertanian tanaman pangan hanya 20.886 ha.

Peruntukan lahan pertanian seperti untuk di mampaatkan oleh kita baik perkebunan, perikanan,dan hutan rakyat,
Apabila suberdaya ini kita kelola dengan sebaik baik nya, dan dengan ditambah tehnologi budi daya yang maksimal, dan sempurna insya Alloh target pemerintah, untuk meningkatkan penghasilan dan akan tercipta nya masarakat pesisir barat yang sejahtera.

Dalam hal ini Bapak Bupati Pesisir Barat, sampaikan pemerintah kabupaten pesisir barat dengan maksimal berupaya agar peningatan produktivitas hasil pertanian yang lebih meningkat, berbagai macam program sekaligus kucuran dana pembangunan di sektor pertanian,pembangunan pintu air, Dam parit, Embung, dan rehap jaringan irigasi.
Juga bantuan berupa alat mesin pertanian, baik pra panen atau pasca panen.
Bantuan benih, pupuk bersubsidi, yang di prioritas kan adalah untuk tanaman padi, jagung, kedele.

Dengan tersedia nya sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus didukung pula oleh sumberdaya manusia yang handal, yaitu unsur tehnis dari dinas pertanian serta penyuluhan pertanian lapangan ( PPL)
dalam rangka membina dan membimbing petani.

Bapak Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, SH.MH. dalam ahir sambutan beliau sangat berharap terutama kepada Bapak Bapak semua petani yang ada di kabupaten pesisir barat untuk berpacu dalam usaha pertanian nya ikut petunjuk yang diberikan oleh penyuluh pertanian lapangan serta agar senantiasa menjalin hubungan komunikasi yang baik, moga keberhasilan tercapai, harapan Bapak Bupati.

Penulis  : AgusSarip

Editor    : Yanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.